Senin, 09 Desember 2013

Pengantar Telematika

softskill pertemuan 1 TELEMATIKA









1.    Pengertian / Definisi dari telematika?

        Telematika adalah adalah konvergensi antara teknologi Telekomunikasi , Media dan Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem  digital. Serta Telematika juga dapat diartikan sebagai sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektronik, dimana kemampuannya adalah untuk mentransmisikan sejumlah besar informasi secara cepat, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara. Telematique, yang atinya adalah sebuah gabungan sistem jaringan komunakasi dan teknologi informasi (Telecomunication and Informatics) sebagai wujud dari perpaduan konsep computing and communication. namun seiring dengan perkembangan zaman, Telekomunikasi menjadi gabungan dari kata “ Telekomunikasi”, “Multimedia” dan “Informatika”

2.    Media Komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika?

        Bisa berupa  hardware atau perangkat keras yang berguna sebagai pengirim dan penerima data, satelit digunakan sebagai sarana telematika kegunaan  Satelit komunikasi menerima sinyal yang dipancarkan ke arahnya dari Bumi, dan mengirimkannya ke tempat lain, Komputer, Telephone, Handphone, Smartphone, Televisi, Radio, jaringan Internet, dan (GPS).

3. Perkembangan Telematika sebelum dan sesudah Internet Muncul

 a. Sebelum Internet Muncul
             Perkembangan telematika pertama sebelum internet muncul, bermula pada penemuan telephon oleh Alexander Grahambel, paea tahun 1875. Yang kemudian berkembang menjadi jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika. Memasuki tahun 1910-1920 terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama, yang kemudian diikuti pula oleh transmisi audio visual tanpa kabel yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940. Pada tahun 1943 , beroperasinya komputer elektronik pertama , kemudian diikuti penemuan transistor pada tahun 1947 dan pada tahun 1957 rangkaian terpadu (integreted electronic ).
 b. Sesudah Internet Muncul
             Internet muncul pada tahun 1969 oleh departement pertahanan Amerika melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Sekitar tahun 1994 dioperasikan IndoNet sebagai ISP pertama di Indonesia , dan pada tahun 1995 pengguna internet dapat mengakses dengan menggunakan HTTP, dimana setiap clarissa menjadi provider Indonesia yang memberikan akses ke Telbet luar negeri. Dengan adanya internet, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh hanya dengan menggunakan unduhan yang disediakan internet. kelebihan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan adanya internet yaitu : adanya interaksi , pergantian isi pesan dapat dilakukan berupa teks,gambar, audio dan video. kita juga dapat memberikan informasi dengan cara memasukkan nya ke dalam blog yang tersedia.

 4. Yang diharapkan kedepanya dengan adanya Telematika di Indonesia
Telematika memiliki peranan penting terhadap bangsa indonesia, karena dengan adanya telamatika setiap orang dapat menjalankan sesuatu dengan lebih mudah dan cepat, menjadikannya lebih efisien tentunya. Yang saya harapkan kedepannya bagi masyarakat indonesia, dapat menggunakan fungsi telematika dengan baik dan benar agar hasil yang diperoleh juga berguna.


http://yustianpriambodo.wordpress.com/2012/10/17/tugas-i-pengantar-telematika/
http://krichul.wordpress.com/2010/10/02/definisi-telematika/ 
http://virtuallight2.blogspot.com/2012/11/pengertian-telematika.html http://marinnrin.wordpress.com/2012/10/15/telematika/

sumber: http://austinagung.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar