Rabu, 10 Desember 2014

Apa yang dimaksud dengan Telematika PERTEMUAN 1

Definisi telematika
      
        Telematika sendiri secara harfiah berasal dari istilah dalam bahasa Perancis,yaitu telematique yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi, dan stilah telematika disini merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.

  Namun dalam hal ini pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam suatu sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. 
  Sehingga didapat kesimpulan bahwa telematika adalah konvergensi antara teknologi Telekomunikasi , Media dan Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem  digital. Serta Telematika juga dapat diartikan sebagai sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektronik, dimana kemampuannya adalah untuk mentransmisikan sejumlah besar informasi secara cepat, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara.

  • Perkembangan telematika

Telematika, pada awalnya dikembangkan hanya dari sisi internet saja, dimana Ketika komputer tersebar luas, kebutuhan akan suatu cara yang mudah untuk digunakan dalam tukar menukar data tumbuh dan berkembang di masa itu. Ini adalah ketika teknologi telekomunikasi telah digunakan untuk menghubungkan antar komputer dan kemudian telematika dilahirkan.  Dan dalam hal ini telematika adalah jawaban dari keprihatinan yang terjadi pada tahun 1976 di Prancis, ketika itu perkembangan aplikasi komputer telah merubah organisasi ekonomi dan sosial masyarakat.
Namun untuk di indonesia sendiri, awal perkembangan telematika melewati beberapa fase atau periode, seperti dibawah ini :
  1. Periode Rintisan berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Selama satu dasawarsa, learn to use teknologi informasi, telekomunikasi, multimedia, mulai dilakukan. Jaringan telepon, saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan internasional, dan komputer mulai dikenal di Indonesia, walaupun penggunaannya masih terbatas. 
  2. Periode kedua disebut pengenalan, rentang wktunya adalah tahun 1990-an, Dimana teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. hal ini juga merupakan efek kreativitas anak muda ketika itu.
  3. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000 ( Periode Aplikasi ), Awal era millennium inilah, pemerintah serius menanggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan politik, selanjutnya, dan dalam periode ini teknologi mobile phone begitu cepat pertumbuhannya, disertai dengan fungsi yang terbilang canggih. Muatannya antara 1 Gigabyte, dapat berkoneksi dengan internet juga stasiun televisi, dan teleconference melalui 3G. Teknologi komputer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access point. Bahkan, pada cafe dan kampus tertentu, internet dapat diakses dengan mudah, dan gratis. 
Untuk Perkembangan telematika saat ini banyak bidang yang memanfaatkan telematika,. seperti bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen mereka seperti telekomunikasi lewat telepon,, saluran televisi, radio, media lainnya, dan bahkan system pelacakan navigasi secara realtime berbasis satelit yang disebut GPS(Global Positioning System). Dalam penerapaannya, Telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian/control pada objek jarak jauh. Dalam penerapan di bidang navigasi, telematika membutuhkan perangkat GPS sebagai perangkat pengiriman data, lalu data telematika diterima oleh layanan (vendor) seluler dan di teruskan ke pelangggan . Kemudian data telematika disimpan oleh pelanggan di device telekomunikasi seperti handphone, pda, dan smartphone .
  • Trend ke depan Telematika
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Lalu dilanjutkan yang sedang berkembang pada saat ini yaitu mengenai komputasi awan (cloud computing), dimana semoga teknologi ini terus berkembang dari sisi daya atau kekuatan penyimpanan datanya yang bisa dimaksimalkan sampai terabyte, dikarenakan ini akan merubah dinamika dari sebuah organisasi serta juga akan menghemat anggaran organisasi, dengan diikuti juga melalu peningkatan sekuritas data atau keamanan data dari si user tersebut. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu, GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunannya.
Pada akhirnya, era robotik akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik.

SUMBER :
http://krichul.wordpress.com/2010/10/02/definisi-telematika/ 
http://virtuallight2.blogspot.com/2012/11/pengertian-telematika.html 
http://marinnrin.wordpress.com/2012/10/15/telematika/ 
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/01/perkembangan-telematika-di-indonesia-16/



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar